Apa sih SEO itu?
Inilah pertanyaan yang akan kita jumpai saat baru akan memulai aktivitas blogging. Saat memutuskan untuk membuat blog atau website, akan banyak sekali istilah-istilah yang akan kita temui seputar blogging. Di sini saya akan membahas salah satu istilah yang sangat populer di kalangan blogger yaitu SEO.

Pengertian:
SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimzation. Merupakan sebuah teknik atau strategi yang bertujuan untuk meningkatkan Popularitas Blog di mata Search Engine (selanjutnya akan saya sebut SE). Setiap blogger akan memiliki strategi tersendiri untuk meningkatkan SEO sebuah blog, ini dikarenakan SEO bukanlah hal yang pasti, kita hanya menganalisa perilaku dari SE ini untuk memahami tentang apa yang terbaik dan disukai oleh SE itu sendiri. Sejauh ini, Search Engine atau bisa juga disebut Mesin Pencari yang paling menjadi prioritas perhatian blogger adalah google.com. Selain google, masih banyak SE yang dapat mendatangkan traffik visitor ke blog kita seperti Yahoo Search, Bing dan lain sebagainya.

Maksud Meningkatkan Popularitas itu Gimana Sih?
Untuk mudahnya silakan Anda coba mengetikkan sesuatu yang anda cari di kolom pencarian SE (contoh Google.com atau Google.id). Pada hasil pencarian yang anda lakukan, anda akan menjumpai banyak sekali blog ataupun website yang membahas tentang apa yang anda cari, mungkin bisa mencapai jutaan artikel yang berkaitan dengan kata yang anda ketikkan di kotak pencarian dengan halaman yang tak kurang dari 100 halaman (tergantung seberapa umum yang anda cari). Dari sebuah pencarian di atas, pernahkah anda berpikir apa yang menyebabkan suatu blog atau website bisa memiliki posisi teratas pada pencarian yang anda ketikkan? Inilah yang disebut ilmu SEO , sebuah blog bersaing mendapatkan tempat teratas di mesin pencari untuk keyword atau kata kunci tertentu.

Lalu Apa Gunanya Kalau Blog atau Website Kita Ada di Halaman Pertama Search Engine?
Faktanya, para netter yang menggunakan mesin pencari atau SE sebagai perujuk atas informasi yang mereka cari hanya akan membuka beberapa halaman saja untuk menemukan informasi yang mereka cari. Lalu bagaimana nasib blog atau website yang memiliki posisi jelek di SE ini? Anda pasti bisa menyimpulkan sendiri. Misalkan saja sebuah blog atau website yang berada pada halaman 10 atau bahkan 100 dari hasil pencarian yang dilakukan SE , bisa dipastikan blog ini tidak akan mendapatkan kunjungan (kecil kemungkinan) dari SE. Itu dikarenakan terlalu jauhnya jangkauan dari calon visitor. Calon visitor tidak akan senang menjelajahi hasil pencarian SE sampai ke halaman yang terbilang jauh. Lagipula, besar kemungkinan seseorang yang mencari informasi melalui SE akan mendapatkan jawaban dari yang mereka cari cukup pada satu atau dua halaman saja. Anggaplah untuk sebuah blog yang memiliki popularitas di SE, misal untuk sebuah blog atau website yang berada pada halaman pertama SE atau bahkan berada pada posisi pertama, dengan posisinya ini otomatis blog akan mendapatkan banyak kunjungan dari Search Engine.

Kenapa Harus SE Yang Jadi Patokan?
Tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian besar para pencari informasi melalui internet akan mengunakan SE untuk membantu menjawab pertanyaan mereka karena memang dengan SE, sebuah informasi akan sangat mudah didapat.

Kesimpulan Maksud dari SEO!
Berdasarkan uraian yang telah anda baca di atas, dapat disimpulkan bahwa SEO adalah sebuah Teknik atau Strategi untuk menjadi yang nomor satu di hasil pencarian Search Engine dan bertujuan untuk meningkatkan trafik kunjungan sebuah blog atau website itu sendiri.


Demikian Tutorial ini. Semoga Bermanfaat untuk Anda.

No comments